Jumat, 02 Juli 2021

Putra Teluk Belitung Punya Cerita

 

Eko Permadi
bahanamahasiswa.co, 15 Des 2016
 
Seperti Buku-buku Merindu, dawat kepada kertas ingin bertaut genggam
Bagi bunyi kepada huruf memendam idam, aku selalu tiba di rumah kalian
Dalam renyai kata-kata, yang belum sempat ditampung kalimat
Paragraf dan bab yang penuh harap, dalam naskah senantiasa berhujjah.
***
 
Penggalan sajak berjudul Seperti Buku-buku Merindu diatas tersaji dalam buku sajak penggal ketiga Tersebab Daku Melayu. Buku berisi kumpulan sajak karya Taufik Ikram Jamil, budayawan Riau. Ini adalah buku kumpulan karyanya yang kedelapan telah diterbitkan, dan ia masih terus berkarya.
 
Pada tanggal 19 September 2016, ia tepat berusia 53 tahun. Lahir di Teluk Belitung, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, dari pasangan Jamil Nur dan Azizah. Anak ke empat dari 10 bersaudara ini mulai menyukai sastra sejak sekolah dasar. Prestasi ia raih ketika menjadi juara umum pada kompetisi baca sajak tingkat sekolah menengah pertama.
 
Tak hanya membaca sajak, Taufik juga aktif menulis di media cetak saat di Sekolah Pendidikan Guru. Selesai belajar di sekolah setingkat menengah atas, ia ingin kuliah di Pulau Jawa. Pada 1983, ayah dari tiga anak ini minta izin untuk dibolehkan belajar di Jakarta. Sayang, restu tak didapat.
 
Tak patah arang, ia minta izin untuk kuliah di Pekanbaru. Ia mendaftar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Karena keaktifannya menulis, Rida K Liamsi, pendiri Riau Pos Grup, menawarinya jadi wartawan koran Genta di Bengkalis. Tahun 1970-an hanya ada Koran Genta di Riau.
 
Gayung bersambut, ia kuliah sambil bekerja sebagai wartawan. Tak hanya di Genta, ia juga menulis di Suara Karya. “Bisa mencukupi kebutuhan selama kuliah,” ujar Taufik. Kecintaannya dengan jurnalistik, membuat ia juga bergabung dengan Bahana Mahasiswa di tahun 1984. Selama 2 tahun, ia berproses dan sampai menjadi Redaktur Pelaksana.
 
Said Suhil Ahmad, alumni Bahana Mahasiswa yang juga rekan satu fakultas Taufik pada tahun 1984 bercerita soal kepiawaian menulis Taufik. Menurutnya, karena Taufik sudah berpengalaman, tulisan yang dihasilkannya di Bahana sudah baik. “Proses kreatif menulisnya bagai sinar yang menembus segala waktu,” ujar Said Suhil. Ia juga bersama Taufik bekerja di Genta dan tinggal di kantor redaksi koran tersebut.
 
Tahun 1980-an Pekanbaru Gencar Promosikan Budaya Melayu
 
Karena berasal dari daerah kental dengan Melayu, ia pun tertarik mempelajarinya. Taufik kerap berdiskusi dengan Umar Usman Hamidy atau dikenal UU Hamidy, budayawan Riau. Ia juga banyak berdiskusi dengan Tabrani Rab. Ia suka berdiskusi untuk menambah pengetahuannya.
 
Cukup empat tahun Taufik menamatkan pendidikan strata satu. Tahun 1988, ada peluang untuk kerja di harian umum Kompas. Diterima, dua tahun pertama, ia ditugaskan di Pekanbaru. Setelah itu wilayah kerjanya pindah ke Jakarta. Desk liputan yang terlama yakni pendidikan dan kebudayaan.
 
Ia semakin dikenal di dunia jurnalistik kerena pernah menulis laporan tentang mahasiswi UR yang jadi petugas pos ronda di sekitar Panam untuk lanjutkan kuliah. Kemudian juga laporan dari Pekanbaru tentang bantuan rakyat miskin yang diperjualbelikan. “Saya waktu itu sampai dikejar-kejar sama orang dinas,” kenang Taufik.
 
Selama kurun waktu jadi wartawan kompas, ia aktif menulis sastra. Karya sastra berupa novel, cerpen dan puisi. Taufik menegaskan bahwa cerita fiksi yang diangkatnya berasal dari kenyataan. “Semua ada di sekitar, tinggal butuh pendalaman saja,” ungkapnya.
 
Sebagian besar karyanya diangkat dari keseharian kegiatan masyarakat Melayu. Karya-karya yang dihasilkannya antara lain, puisi sudah dibukukan yakni Tersebab Haku Melayu, tahun 1995, diterbitkan oleh Yayasan Membaca Pusaka Riau. Tersebab Aku Melayu tahun 2010, diterbitkan Yayasan Pusaka Riau. Kumpulan puisi ini sempat masuk lima besar dalam Khatulistiwa Literary Award tahun 2010. Dan kumpulan puisi penting versi majalah Tempo 2010.
 
Kemudian terbitan 2015 lalu, Tersebab Daku Melayu mendapat predikat buku puisi pilihan Hari Puisi Indonesia 2015. Kumpulan cerpennya di 1996 yakni Sandiwara Hang Tuah diterbikan oleh Grasindo dijadikan Buku Pilihan Sagang. Sampai tahun 2003 Taufik Ikram Jamil dinobatkan sebagai seniman terbaik pilihan Sagang. Anugerah Sagang diberikan, karena dedikasi terhadap kehidupan berkesenian dan budaya Melayu.
 
Pada tahun 1999, Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan untuk kumpulan cerpennya dengan judul Membaca Hang Jebat. Kemudian kumpulan cerpen Hikayat Batu-batu diterbitan Kompas, tahun 2005. Dan salah satu judulnya, Menjadi Batu dapat juara pertama dalam sayembara menulis cerpen Majalah Sastra Horison tahun 1997.
 
Terakhir cerpen Jumat Pagi Bersama Amuk, pada tahun 1998 jadi cerpen utama Indonesia menurut Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Dan yang sedang dalam proses penerbitan adalah kumpulan cerpen Hikayat Suara-suara, dan Biografi Kesaksian Presiden Penyair Sutardji Calzoum Bachri.
 
Untuk karya novel yang pernah dibukukan berjudul Hempasan Gelombang diterbitkan Grasindo tahun 1998. Dapat juara harapan dua dalam penulisan roman Dewan Kesenian Jakarta, 1997. Pada tahun 2001 lewat Kompas terbitkan novel Gelombang Sunyi.
 
Peneliti dari University of Victoria, Canada, yakni Michael Bodden menyebutkan karya Taufik adalah sebuah makna baru untuk novel, karena warna lokal yang diutamakan. Kemudian diubah menjadi sebuah identitas linguistik, budaya, dan sejarah yang berbeda dengan penulisan penyair Indonesia pada umumnya. Dengan kondisi ini, Bodden melihat bahwa sastra Indonesia sedang menegaskan perubahan yang terjadi karena otonomi. Bentuk ideologi negara dan sebagian besar sifat politikus. Karya Taufik menunjukkan adanya rintisan gagasan baru tentang nasionalisme yang tetap memakai identitas lokal.
 
Sedangkan Will Derkm Peneliti dari Universitas Leiden. Karya taufik adalah penyatuan antara kumpulan kata-kata dan pengucapannya, sebagai suatu perlawanan terhadap dominasi pusat.
 
Ada juga buku sajak Taufik dalam tiga bahasa, diberi judul What’s Left and Other Poems oleh BTW, Jakarta tahun 2015. Karya sempat dipamerkan dalam Frankfurt Book Fair 2015. Dua buku sejarah juga pernah ditulis Taufik bersama kawan-kawannya, Dari Percikan Kisah Membentuk Provinsi Riau pada tahun 2003, dan Tikam Jejak Pulau Bengkalis, 2004.
 
Taufik Ikram Jamil Seorang Penggiat Seni
 
Setelah berhenti dari Kompas pada tahun 2002. Ia menjadi perintis bersama Yayasan Pusaka Riau sebagai cikal bakal Akademi Kesenian Melayu Riau atau AKMR. Kampus ini terdiri tiga program studi, yakni teater, tari dan musik. Berada di komplek Bandar Serai Raja Ali Haji. Tepat di belakang Gedung Kesenian Anjungan Idrus Tintin. Dari awal buka, Taufik menjadi dosen sampai terakhir tahun 2012 lalu.
 
Zuarman, sejak dua bulan menjabat Wakil Direktur I bidang akademis AKMR mengenal Taufik sejak 20 tahun lalu. “Taufik sosok yang konsisten dalam melestarikan budaya melayu. Modal semangatnya besar,” ujar Dosen Seni Musik ini.
 
Sudal Analan, Kepala Tata Usaha AKMR banyak belajar dari Taufik. Terutama urusan surat-menyurat. Menurutnya, Taufik orang yang teliti. Misal suatu ketika ingin mengirim surat dan butuh tanda tangan Taufik. Sering dibalikkan dan diminta rubah isinya. “Dia minta diperbaiki titik koma yang salah,” kenang Sudal.
 
Taufik juga sempat jadi Ketua Dewan Kesenian Riau periode tahun 2002 hingga 2007. Sekarang mengajar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning, dan Universitas Islam Riau.
 
Suami dari Umi Kalsum ini sering bawa keluarganya menonton pertunjukan teater atau puisi. Dan di rumah selalu ajarkan budaya melayu dalam kegiatan sehari-hari. “Keluarga hanya beri dukungan moril pada bapak untuk terus berkarya,” ucap Megat, anak Taufik yang kuliah di Fakultas Hukum Universitas Riau.
***

http://sastra-indonesia.com/2021/07/taufik-ikram-jamil-putra-teluk-belitung-punya-cerita/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

A. Azis Masyhuri A. Jabbar Hubbi A. Muttaqin A. Rego S. Ilalang A. Syauqi Sumbawi A.H. J Khuzaini A.S Laksana A’Syam Chandra Manthiek Aang Fatihul Islam Abdullah Alawi Abdurrahman Wahid Aditya Ardi Nugroho Afrizal Malna Afrizal Qosim Agama Para Bajingan Aguk Irawan MN Agus Mulyadi Agus Noor Agus R. Sarjono Agus Riadi Agus Sulton Ahmad Farid Yahya Ahmad Fatoni Ahmad Ikhwan Susilo Ahmad Saifullah Ahmad Yulden Erwin Ahmadun Yosi Herfanda Akhiriyati Sundari Akhmad Fatoni Akhmad Idris Akhmad Sekhu Akhmad Taufiq Akmal Nasery Basral Ali Rif’an Amien Kamil Andhi Setyo Wibowo Andry Deblenk Anggi Putri Anindita S. Thayf Anjrah Lelono Broto Anton Wahyudi Arie MP Tamba Arisyntya Hidayah Artikel Ary Nugraheni Asarpin Ayu Nuzul Balada Beni Setia Benny Benke Berita Binhad Nurrohmat Budaya Bung Tomo Bustanul Arifin Catatan Catullus Cerbung Cerkak Cerpen Chamim Kohari Choirul Cucuk Espe Dami N. Toda Daru Pamungkas Denny JA Denny Mizhar Devi M. Lestari Dhenok Kristianti Dian DJ Dian Sukarno Didin Tulus Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan Djoko Saryono Dody Yan Masfa Donny Darmawan Dwi Klik Santosa Dwi Pranoto Eka Kurniawan Eko Darmoko Eko Permadi Emha Ainun Nadjib Endah Wahyuningsih Esai Esti Nuryani Kasam Eva Dwi Kurniawan Evan Gunanzar Fahrudin Nasrulloh Fairuzul Mumtaz Fajar Alayubi Fanani Rahman Farah Noersativa Fatah Anshori Fatah Yasin Noor Fathoni Mahsun Fathurrahman Karyadi Fathurrochman Karyadi Fathurrozak Felix K. Nesi Forum Sastra Jombang Galuh Tulus Utama Gandis Uka Geguritan Gol A Gong Gombloh (1948 – 1988) Grathia Pitaloka Gus Noy Gusti Eka Hadi Napster Hadi Sutarno Halim HD Hamka Hamzah Tualeka Zn Hardy Hermawan Hasnan Bachtiar Hawe Setiawan Hilmi Abedillah Hudan Hidayat Husnul Khotimah Ignas Kleden Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Imas Senopati Indria Pamuhapsari Irwan J Kurniawan Isbedy Stiawan Z.S. J Anto Jamal Ma’mur Asmani John H. McGlynn Jombangan Junaedi Kalis Mardiasih Kardono Setyorakhmadi Kasnadi Kemah Budaya Panturan (KBP) KetemuBuku Jombang Ki Ompong Sudarsono Kiki Mikail Komplek Gor Kamantren Paciran Lamongan Kritik Sastra Kurniawan Junaedhie Latief Noor Rochmans Liestyo Ambarwati Khohar M Rizqi Azmi M. Aan Mansyur M. Abror Rosyidin M. Badrus Alwi M. Lutfi M. Shoim Anwar Mahendra Cipta Mahmud Jauhari Ali Mahwi Air Tawar Malkan Junaidi Maman S. Mahayana Mangun Kuncoro Mardi Luhung Mardiansyah Triraharjo Marhalim Zaini Maria Magdalena Bhoernomo Marjohan Massayu Melani Budianta Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia Memoar Mh Zaelani Tammaka Miftachur Rozak Muhamad Taslim Dalma Muhammad Al-Mubassyir Muhammad Antakusuma Muhammad Muhibbuddin Muhammad Yasir Mukadi Mukani Munawir Aziz Musfeptial Musa Nawa Tunggal Nawangsari Niduparas Erlang Nikita Mirzani Nu’man ‘Zeus’ Anggara Nur Chasanah Nurel Javissyarqi Ocehan Oei Hiem Hwie Oka Rusmini Opini Padhang Mbulan Paguyuban Ludruk Karya Budaya Mojokerto Parimono V / 40 Plandi Jombang Pramoedya Ananta Toer Presiden Gus Dur Prosa Puisi Purwanto Putu Wijaya R Giryadi Raedu Basha Rahmat Sularso Nh Rakai Lukman Rama Prambudhi Dikimara Ramadhan Al-yafi Rasanrasan Boengaketji Raudlotul Immaroh Reiny Dwinanda Resensi Reyhan Arif Pambudi Ribut Wijoto Robin Al Kautsar Rodli TL Rony Agustinus Rudi Haryatno Rumah Budaya Pantura (RBP) S. Arimba S. Jai S.W. Teofani Sabrank Suparno Sajak Salamet Wahedi Samsudin Adlawi Sasti Gotama Saut Situmorang SelaSAstra Boenga Ketjil Selendang Sulaiman Shiny.ane el’poesya Sholihul Huda Sigit Susanto Silka Yuanti Draditaswari Siti Sa'adah Sitok Srengenge Siwi Dwi Saputro Soesilo Toer Sofyan RH. Zaid Sosiawan Leak Sugito Ha Es Suharsono Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Syamsudin Walad T Agus Khaidir Taufik Ikram Jamil Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teater Eska Teguh Winarsho AS Temu Penyair Timur Jawa Tri Wahyu Utami Ulfatul Muhsinah (Oshin) Umar Fauzi Ballah Universitas Jember Virdika Rizky Utama Vyan Tashwirul Afkar W.S. Rendra Warung Boengaketjil Wawan Eko Yulianto Wawancara Wayan Jengki Sunarta Wong Wing King Yanuar Yachya Yudhistira Massardi Yusuf Suharto Zainuddin Sugendal Zamakhsyari Abrar