Rabu, 22 Agustus 2012

TAMSIL ETOS MENULIS NANING PRANOTO*

Sutejo
http://thereogpublishing.blogspot.com/

Seorang aktivis kepenulisan yang begitu populer, Naning Pranoto dalam bukunya, From Diary to be Story (Penebarplus, 2006), ada mutiara yang menarik untuk dikuak: etos (kerja keras). Bukankah kerja keras dalam bidang apa pun adalah kunci utamanya? Jika kita ingin sukses menulis, maka etos kerja ini menjadi samurai penting dalam memasuki dunia persilatan kepenulisan.

Sebuah ilustrasi tentang etos yang ditamsilkan Naning itu mencakup hal-hal berikut: (a) melatih imajinasi tinggi dengan cara antara lain banyak membaca, (b) banyak bergaul (untuk mengenal watak) dan traveling (agar banyak mengenal tempat, budaya, gaya hidup) untuk mempertajam imajinasi, (c) menjadi pribadi yang komunikatif, (d) menjadi pribadi yang adaptif dan fleksibel, (e) banyak membaca buku psikologi dan sosiologi, (f) dapat menyendiri minimal 1 jam sehari untuk berenung dan berkhayal, (g) mengikuti pelatihan menulis untuk menimba pengalaman, (h) mengintip cara kerja pengarang (penulis) lainnya, (i) mempertajam imajinasi dengan cara mind mapping (peta pikiran), dan (j) memiliki ruang kerja mandiri (tersendiri) (2006:53-55).

Melatih imajinasi sebagaimana pengalaman Eka Budianta, dapat dilakukan dengan main-main dan berpikir ringan. Misalnya (a) mengapa bayi menangis, (b) mengapa kucing termasuk binatang romantis, (c) mengapa wanita disebut dengan bunga, (d) mengapa kuda kenjang larinya, (e) mengapa semut ketika bertemu teman kemudian mengikuti temannya, dst. Sebuah “permainan” yang akan mempertajam imajinasi kita. Sebab, satu kunci penting dalam menembus kabut menulis adalah imajinasi. Tanpa imajinasi, tentu, terasa kerontang rasanya sebuah tulisan selogis apa pun. Imajinasi dan berpikir tak dapat dilepaskan. Ingat, sekali lagi Einstein yang berpesan, “Imagination is more than knowledge”.

Luas pergaulan dan travelling memberikan tamsil bahwa inspirasi dapat muncul dari kedua hal ini dan bagaimana dengan melakukan keduanya pemahaman atas beragam karakter dapat ditingkatkan. Dengan sendirinya, bagian dari etos adalah luwes dalam bergaul, termasuk meluaskan pengalaman travelling ini. Dalam perjalanan melintasi pedesaan, dengan bebebatuan tandus, pohon-pohon yang meranggas, debu mengangin, jalan makadam adalah imajinasi sulit kehidupan pedesaan. Kulit kelam, legam hitam, panas pantai, bau asin, alir keringat, arung perahu, angin kencang, geliat ikan adalah ayat imajinasi yang kuat kala empati melekat.

Imajinasi tak mungkin berkembang jika tak terasah dengan luwes gaul dan travelling ini. Sebuah wisata kepenulisan yang biayanya lebih menguras intensitas gulat gaul untuk menyembulkan pengalaman lapang yang rindang. Susun pengalaman indera yang mengelindan, balut pikir terukir bak ukir Jepara; akan mengalir pesona. Meskipun memang faktor olah bahasa bukan yang utama tetapi jika ini dilakukan satu pintu rumah kepenulisan itu telah kita pegang. Banyak orang memiliki pengalaman travelling, tetapi karena tidak memiliki naluri imajinasi kuat ia hanya menjadi buih dalam lautan kehidupannya.

Pribadi komunikatif adalah upaya lain untuk membangun etos. Komunikatif sekaligus cermin cerdas gagas, lantip imajinasi, karena berbalut pesan konteks. Berbicara dengan tukang becak beda dengan ilmuwan, bersaran pada pemulung beda dengan perenung, komunikasi dengan kiai beda dengan priyayi. Pribadi komukatif adalah cermin cerdas pikir, cerdik kata, arif rasa. Untuk apa? Untuk membangun karakter yang kuat dalam kisah di samping saji pendar dialog yang bervariasi dan kontekstualisasi. Pengarang dengan sendiri adalah komunikan yang brilian. Semacam rhapsodist. Demikian juga, dengan banyak membaca buku psikologi dan sosilogi. Bukankah sosiologi akan mendekapkan penulis dengan lingkup tangkung sosial kemasyarakatan? Dengan psikologi akan menajamkan prisma jiwa beragam persona.

Sedangkan pelatihan menulis, dalam tesaurus kepengarangan Naning tampaknya akan menjadi pemandu. Ini filosofinya adalah menulis sebagai keterampilan, menulis dengan sendirinya tanpa dilatih (jika hanya teori) hanya akan menjadi pusakan yang tak memesona. Di samping, secara epistemologis, dengan pelatihan kita akan mampu “mengintip” proses kreatif penulis lain sebagai bekal ransang dan pendulang pengalaman yang berkesan. Bukankah dalam kehidupan makro kita dapat berguru pada kiat sukses orang lain?

Lorong sukses menulis versi Naning tampaknya mengharuskan keterampilan mapp. Hidup sendiri (sebagai sumber tulisan) adalah mapping Tuhan yang di dalamnya menarik untuk direnungkan. Hamparan hidup yang penuh palung, semenanjung, teluk, berbalut ombak meriak dan berbusa ada mapping awal. Karang batu dan pasir pantai kehidupan menjadi peta lain yang secara metaforik menggelitik. Jika kita sulit memahami analog ini, contoh berikut jauh lebih sederhana yang dapat di-mapping-kan.

Sebutlah cinta sebagai puncak hidup. Cinta pertama-tama akan bersangkut dengan (a) usia, (b) jenis kelamin, (c) status sosial, (d) profesi, (e) bidang kehidupan, dan (f) kodrat manusia. Kemudian usia sendiri, misalnya, dapat dipetakan lagi (a) cinta anak-anak, ingusan, (b) cinta remaja, dan (c) cinta dewasa. Makna masing-masing klasifikasi usia dengan sendirinya akan beragam makna. Kematangan dan perkembangan usia menjadi salah satu penentu dalam memaknakannya.

Terakhir, bagaimana penting menggerakkan etos menulis adalah dengan memfasilitasinya dengan ruang khusus, kesempatan khusus, dan hal khusus lainnya. Sebuah pesan dari loyalitas dan mengabdi akan profesi menulis. Jika kita komit pada satu hal tanpa memberikan layanan khusus padanya tentu akan menjadi tanda tanya tersendiri. Bagaimana? Ini memang lorong rahasia orang, seorang perempuan yang sudah malang melintang di jalur “gazza pelatihan”, penuh “perang kepentingan” para peserta.
Tamsil etos ini adalah metafora. Jalan panjang dan puncak kepenulisn berawal dari pendakian berotot etos yang tak pernah keropos!
***

*) Pernah dimuat di Ponorogo Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

A. Azis Masyhuri A. Jabbar Hubbi A. Muttaqin A. Rego S. Ilalang A. Syauqi Sumbawi A.H. J Khuzaini A.S Laksana A’Syam Chandra Manthiek Aang Fatihul Islam Abdullah Alawi Abdurrahman Wahid Aditya Ardi Nugroho Afrizal Malna Afrizal Qosim Agama Para Bajingan Aguk Irawan MN Agus Mulyadi Agus Noor Agus R. Sarjono Agus Riadi Agus Sulton Ahmad Farid Yahya Ahmad Fatoni Ahmad Ikhwan Susilo Ahmad Saifullah Ahmad Yulden Erwin Ahmadun Yosi Herfanda Akhiriyati Sundari Akhmad Fatoni Akhmad Idris Akhmad Sekhu Akhmad Taufiq Akmal Nasery Basral Ali Rif’an Amien Kamil Andhi Setyo Wibowo Andry Deblenk Anggi Putri Anindita S. Thayf Anjrah Lelono Broto Anton Wahyudi Arie MP Tamba Arisyntya Hidayah Artikel Ary Nugraheni Asarpin Ayu Nuzul Balada Beni Setia Benny Benke Berita Binhad Nurrohmat Budaya Bung Tomo Bustanul Arifin Catatan Catullus Cerbung Cerkak Cerpen Chamim Kohari Choirul Cucuk Espe Dami N. Toda Daru Pamungkas Denny JA Denny Mizhar Devi M. Lestari Dhenok Kristianti Dian DJ Dian Sukarno Didin Tulus Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan Djoko Saryono Dody Yan Masfa Donny Darmawan Dwi Klik Santosa Dwi Pranoto Eka Kurniawan Eko Darmoko Eko Permadi Emha Ainun Nadjib Endah Wahyuningsih Esai Esti Nuryani Kasam Eva Dwi Kurniawan Evan Gunanzar Fahrudin Nasrulloh Fairuzul Mumtaz Fajar Alayubi Fanani Rahman Farah Noersativa Fatah Anshori Fatah Yasin Noor Fathoni Mahsun Fathurrahman Karyadi Fathurrochman Karyadi Fathurrozak Felix K. Nesi Forum Sastra Jombang Galuh Tulus Utama Gandis Uka Geguritan Gol A Gong Gombloh (1948 – 1988) Grathia Pitaloka Gus Noy Gusti Eka Hadi Napster Hadi Sutarno Halim HD Hamka Hamzah Tualeka Zn Hardy Hermawan Hasnan Bachtiar Hawe Setiawan Hilmi Abedillah Hudan Hidayat Husnul Khotimah Ignas Kleden Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Imas Senopati Indria Pamuhapsari Irwan J Kurniawan Isbedy Stiawan Z.S. J Anto Jamal Ma’mur Asmani John H. McGlynn Jombangan Junaedi Kalis Mardiasih Kardono Setyorakhmadi Kasnadi Kemah Budaya Panturan (KBP) KetemuBuku Jombang Ki Ompong Sudarsono Kiki Mikail Komplek Gor Kamantren Paciran Lamongan Kritik Sastra Kurniawan Junaedhie Latief Noor Rochmans Liestyo Ambarwati Khohar M Rizqi Azmi M. Aan Mansyur M. Abror Rosyidin M. Badrus Alwi M. Lutfi M. Shoim Anwar Mahendra Cipta Mahmud Jauhari Ali Mahwi Air Tawar Malkan Junaidi Maman S. Mahayana Mangun Kuncoro Mardi Luhung Mardiansyah Triraharjo Marhalim Zaini Maria Magdalena Bhoernomo Marjohan Massayu Melani Budianta Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia Memoar Mh Zaelani Tammaka Miftachur Rozak Muhamad Taslim Dalma Muhammad Al-Mubassyir Muhammad Antakusuma Muhammad Muhibbuddin Muhammad Yasir Mukadi Mukani Munawir Aziz Musfeptial Musa Nawa Tunggal Nawangsari Niduparas Erlang Nikita Mirzani Nu’man ‘Zeus’ Anggara Nur Chasanah Nurel Javissyarqi Ocehan Oei Hiem Hwie Oka Rusmini Opini Padhang Mbulan Paguyuban Ludruk Karya Budaya Mojokerto Parimono V / 40 Plandi Jombang Pramoedya Ananta Toer Presiden Gus Dur Prosa Puisi Purwanto Putu Wijaya R Giryadi Raedu Basha Rahmat Sularso Nh Rakai Lukman Rama Prambudhi Dikimara Ramadhan Al-yafi Rasanrasan Boengaketji Raudlotul Immaroh Reiny Dwinanda Resensi Reyhan Arif Pambudi Ribut Wijoto Robin Al Kautsar Rodli TL Rony Agustinus Rudi Haryatno Rumah Budaya Pantura (RBP) S. Arimba S. Jai S.W. Teofani Sabrank Suparno Sajak Salamet Wahedi Samsudin Adlawi Sasti Gotama Saut Situmorang SelaSAstra Boenga Ketjil Selendang Sulaiman Shiny.ane el’poesya Sholihul Huda Sigit Susanto Silka Yuanti Draditaswari Siti Sa'adah Sitok Srengenge Siwi Dwi Saputro Soesilo Toer Sofyan RH. Zaid Sosiawan Leak Sugito Ha Es Suharsono Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Syamsudin Walad T Agus Khaidir Taufik Ikram Jamil Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teater Eska Teguh Winarsho AS Temu Penyair Timur Jawa Tri Wahyu Utami Ulfatul Muhsinah (Oshin) Umar Fauzi Ballah Universitas Jember Virdika Rizky Utama Vyan Tashwirul Afkar W.S. Rendra Warung Boengaketjil Wawan Eko Yulianto Wawancara Wayan Jengki Sunarta Wong Wing King Yanuar Yachya Yudhistira Massardi Yusuf Suharto Zainuddin Sugendal Zamakhsyari Abrar